DESIGN

Aspek Yang Perlu Diperhatikan Dari Booth Pameran

Ketika Anda turut serta dalam sebuah event pameran atau exhibition, tentunya Anda akan memiliki space atau ruangan khusus untuk mendirikan sebuah booth stand pameran guna memajang berbagai produk untuk menarik pengunjung pameran.

Sebelum memutuskan untuk mendesain stand booth pameran ada baiknya Anda menimbang banyak hal terkait penampilan atau desain booth. Tidak perlu khawatir, Anda dapat membicarakan mengenai banyak hal dengan agen kontraktor pameran yang telah Anda percayai untuk mewujudkan desain dan interior yang Anda inginkan

Berikut ini Trifas Kontraktor Pameran dan desainer Interior akan berbagi sedikit tips tentang beberapa aspek yang mungkin patut Anda perhatikan dan dapat membantu memberi Anda gambaran apa yang perlu diperhatikan:

  1. Kualitas

Pelanggan dan klien ataupun pegunjung event exhibition akan mendatangi booth yang menarik untuk melihat produk dan jasa yang Anda miliki. Mereka akan melihat, mengamati dan menyentuh barang-barang yang dipajang dalam booth hingga penampang ataupun bangunan booth. Jika booth atau stand menggunakan bahan berkualitas rendah, citra perusahaan Anda berada dalam pertaruhan besar. Oleh karena itu, pastikan kontraktor pameran pilihan anda telah menggunakan budget anda dengan maksimal.

Gunakanlah bahan atau material yang terbaik. Untuk saat ini, penggunaan akrilik, plastik dan baja serta lampu LED yang terang merupakan pilihan terbaik untuk booth pameran Anda. Menggunakan bahan terbaik adalah salah satu cara paling bijaksana untuk meminimalisir risiko yang diakibatkan rendahnya kualitas bahan.

2. Penampilan

Booth pameran haruslah memberi citra megah dan elegan. Tampilan fisik booth pameran memegang peranan penting untuk memenangkan hati calon konsumen yang datang dan melihat-lihat ke pameran. Tampilan profesional dan cerdas dengan citra positif akan sangat menarik pengunjung untuk melihat booth Anda. Menarik calon konsumen juga memerlukan penyesuaian dengan pangsa pasar yang anda tuju. Gunakan warna yang mencerminkan logo dan kepribadian serta budaya perusahaan. Warna booth juga akan mewakili keberadaan perusahaan dan Anda dapat menggunakannya sebagai penegasan karakter brand (merek) dan program promosi pada waktu yang bersamaan.

3. Budget

Mayoritas booth exhibition tidak dapat dibongkar untuk disimpan agar bisa digunakan kembali. selain itu, biaya pembuatan booth tidak murah dan setiap event pameran mungkin akan membutuhkan desain booth yang baru dan berbeda dari sebelumnya. Mintalah saran dari kontraktor pameran yang profesional untuk membantu Anda menangani masalah ini. Tidak ada salahnya meminta desain booth yang dapat dipakai kembali yang pada akhirnya akan menghemat anggaran pendirian booth untuk selanjutnya. Anda dapat menggunakan kembali bagian-bagian booth yang masih tersimpan untuk pameran berikutnya. Rencanakan dengan baik dengan kontraktor pameran atau biro exhibition profesional untuk mendirikan atau merancang booth design yang terbaik bagi perusahaan Anda.

PT. Trifas Sinergi Indonesia sebagai kontrator pameran yang berpengalaman mendukung banyak pameran di Indonesia mengerti akan kebutuhan anda, kami akan diskusikan bersama pelanggan kami item-item yang menjadi perhatian pelanggan agar mendapatkan hasil yang booth terbaik.

3 Hal Penting Untuk Dipertimbangkan Sebelum Mengikuti Pameran

  1. Memilih pameran

Tidaklah mudah untuk menentukan pameran yang tepat, sebab tim marketing penyelenggara pameran telah ditugaskan untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan skeptis Anda.

Oleh karenanya sebelum memutuskan mengikuti sebuah pameran, lakukanlah riset kecil untuk mengetahui event pameran apa saja yang telah penyelenggara pameran tersebut buat sebelumnya, seberapa besar, berapa jumlah peserta dan pengunjung, jika memungkinkan dapatkan profil peserta dan pengunjung, seberapa besar nilai transaksi yang dicapai, berapa luas area, seberapa rutin pameran itu digelar, dan berapa lama usia pameran.

Langkah selanjutnya, lakukanlah konfirmasi dengan pihak-pihak yang pernah terlibat dalam pameran itu. Mungkin saja akan diperoleh informasi seperti, “Pamerannya bagus, tapi hall-nya jauh dari pusat kota dan lahan parkirnya sempit.” Atau, “Pengunjungnya banyak, sayang bukan pengambil keputusan.”

Hal lain yang patut menjadi pertimbangan adalah apakah pameran itu masuk sebagai agenda tahunan pameran internasional ataukah agenda rutin pemilik venue, atau menjadi agenda rutin para pemain di industri yang bersangkutan.

Cari tahu pula, apakah pameran itu mampu menarik market leader dalam industri dan seberapa besar promosi pameran tersebut. Pertanyaan kunci yang perlu ditambahkan: apakah pameran tersebut diliput media semacam: koran ternama, stasiun televisi rating teratas, ataukah radio paling top di kota pameran tersebut diselenggarakan.

 

  1. Tetapkan sasaran

Sejak awal mustilah ditetapkan sasaran apa yang merupakan target utama Anda mengikuti pameran?.

Pertanyaan ini wajib dijawab sebelum menentukan hal lainnya. Apakah menjual produk, mencari distributor atau reseller potensial, bertemu klien, atau menciptakan jaringan baru? Atau ingin membuat perjanjian bisnis di masa yang akan datang?

Ataukah hanya memajang contoh produk, meluncurkan produk terbaru, menambah brand awareness, sekadar mengadakan penelitian pasaratau bahkan menemui investor potensial?.

Apapun model targeting yang Anda gunakan, pertanyaan-pertanyaan dasar seperti dikemukakan sebelumnya itu tentunya harus sudah terjawab dengan pasti.

 

  1. Rencanaan investasi & budgeting

Dalam perencanaan, jika uang yang keluar untuk pameran sangat besar tapi mendatangkan keuntungan artinya biaya pameran Anda murah. Sebaliknya, sekecil apa pun biaya yang dikeluarkan untuk berpameran tapi jika target tak tercapai itu sama artinya dengan mahal.

Seberapa pun besar biaya sebuah pameran, itu adalah investasi. Maka, Anda mesti berpikir bagaimana investasi itu tidak sia-sia dan akan kembali dalam jumlah berkali lipat. Maka buatlah perencanaan agar pameran menjadi investasi yang efektif dan efisien.

Konsultasikan kepada konsultan ahli pemasaran di bidang pameran, kontraktor pameran atau penyelenggara pameran (exhibition organizer) agar investasi bisa kembali. Konsultan akan memberi penjelasan mengenai keuntungan apa yang bisa diraih dari suatu pameran.

Selanjutnya Anda dapat membuat anggaran terinci yang meliputi sewa ruang, biaya pembuatan stan dengan desain spesial, pembuatan brosur, berbagai materi promosi, akomodasi serta transportasi staf yang ditempatkan di pameran, dan lain-lain.

Agar promosi Anda dalam pameran tak besar pasak daripada tiang, buatlah keseimbangan antara target dan anggaran. Sebisa mungkin anggaran dirinci sampai pada berapa jumlah sales dan berapa target penjualan mereka dalam sehari, juga berapa keuntungan yang diperoleh per hari, hal ini lazim dilakukan untuk pameran yang sifatnya business to consumer.

Di luar 3 hal ini tentu masih ada langkah selanjutnya, akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

dirangkum dari berbagai sumber

Tips dekorasi yang menarik

Hampir semua convention centers memiliki penerangan gedung yang cukup bagus. Anda dapat mengandalkan penerangan booth anda pada sistem pencahayaan gedung tanpa menambah lampu di sekitar booth karena budget terbatas. Namun jika anda memiliki budget mencukupi untuk menambah pencahayaan, anda dapat menambahkan lampu-lampu spotlight dan lainnya di langit-langit gedung convention atau lokasi lainnya yang anda anggap pas.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pencahayaan yang baik dan mendukung interior design, dapat meningkatkan product dan brand awareness kepada pameran anda secara signifikan. Investasikan dana dengan meminta arsitektur atau kontraktor pameran merancang booth anda dengan tata lampu/penerangan yang tepat.

Kembangkan sebuah thema pameran untuk booth anda. Berikan pengalaman berbeda kepada pengunjung booth pameran Anda. Theme pada booth sangat berhubungan dengan produk dan strategi marketing dengan mempertimbangkan apa yang sedang trend di masyarakat. Pendekatan sosial yang cermat akan menentukan seberapa menarik sebuah theme pada masyarakat pengunjung pameran.

Gunakan bantuan multimedia monitor (Televisi monitor atau projector), poster atau gambar yang menarik. Juga jangan gunakan meja counter besar bekas pameran yang lalu (misalnya) demi alasan hemat biaya. Anda tentu tak ingin staff anda terlihat seperti orang kerdil di balik meja besar itu, kan?

Gunakan visual yang berpengaruh kuat dengan memakai design yang sesuai dengan tema pameran. Akan tetapi tetaplah ingat, jangan terlalu banyak menggunakan gambar besar di poster. Sisipkan kata-kata yang sesuai proporsi ukurannya, jangan terlalu berlebih atau terlalu kecil karena akan sulit terbaca dan terlewatkan. Posisi ideal minimal 90 centimeter. Jika terlalu rendah kemungkinan dapat terhalang oleh display produk anda.

Gunakan kombinasi warna yang menarik, unik dan eye catching sehingga bisa stand out di arena pameran yang ramai. Bedakan kombinasi warna yang menarik dengan kombinasi warna yang norak. Penggunaan warna netral cenderung membuat booth anda ‘tenggelam’ di dalam keramaian.

Sebarkan flyers, brochures, product samples and give away di pintu masuk area pameran, tempat-tempat strategis dan di meja display, tujuan anda berpameran adalah untuk berinteraksi dengan pengunjung dan memberikan informasi detail dan pengalaman (experiential marketing) tentang produk anda. Maksimalkan peran standguide/stand promotion girls yang biasanya berdiri dan tersenyum manis sambil berusaha membagikan flyers atau brochures sebanyak banyaknya kepada pengunjung yang lewat.

Jika budget anda terbatas akan tetapi memiliki rencana untuk mengikuti beberapa pameran, berinvestasilah dengan membeli modular system. Ada beberapa modular system yang bisa dikostumasi bentuknya, atau diganti graphics-nya sehingga bisa memberi kesan bagus.

Tentu saja masih banyak tips lainnya, kombinasikan tips-tips sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

PT. Trifas Sinergi Indonesia sebagai kontrator pameran yang berpengalaman mendukung banyak pameran di Indonesia mengerti  sekali akan hal ini, kami akan diskusikan bersama pelanggan kami pilihan-pilihan desain yang menarik dan sesuai dengan produk pelanggan agar mendapatkan hasil yang booth terbaik.

adhitya.soebagyo@gmail.com
adhitya.soebagyo@trifasindonesia.com

021-29835411
0816-482-6723

Jl. TMII Pintu 2 No 72 Kel. Pinang Ranti Kec. Makasar Jakarta Timur